Dalam kehidupan manusia dituntut untuk selalu mengembangkan diri, walaupun lambat yang penting harus tetap usaha ke arah yang lebih baik... KARENA PERGERAKAN ADALAH SUATU TINDAKAN, DAN TINDAKAN TERMASUK USAHA maka dengan ini hanya ingin menulis realita kehidupan atau buku harian penulis, yang dituangkan
Sabtu, 20 Agustus 2011
MOMENTUM DI BULAN PUASA
DaRi sejak sore sampai malam hari ini ternyata kota ponorogo lalu lalang jalan tak henti, memang ada banyak acara jika momentum seperti saat ini, puasadibulanagustuspuasamalam21.com
KEHIDUPAN MANUSIA
Dalam dunia ini memang memang tempatnya orang menerima cobaan maupun ujian, dan itu tidak lekang dan akan terus-menerus. lha disini bisa diambil kata kunci yaitu SABAR,
Dan sabar ada 3:
1. Sabar ala tho'ah:
sabar menjalankan segala perintahnya. ex, sholat-zakat dll
2. Sabar 'ala maksiah
yaitu sabar meninggalkan laranganNya.
3. Sabar yang tidak disukai
bìsa jadi dari Alloh yaitu musibah, sakìt dll. Dan bisa dari manusia: dìsakiti dan lain, bisa kita diam atau malah mendoakan yang baik.
memang sabar adalah perkara yang sangat mudah diucapkan tapi sulit dilakukan maka kita juga harus SABAR menjalankannya. amin
Jumat, 19 Agustus 2011
MENJAGA RAHASIA
Orang yang bisa menjaga rahasia atau aib orang lain yang tidak untuk diketahui khalayak umum adalah sifat yang mulia,
karena sifat yang dekian seperti halnya orang yang bisa menghidupkan orang mati,
dan sifat yang bisa menghidupkan orang mati adalah sifat Alloh,
''dikandung maksud bahwa orang yang bisa menjaga orang rahasia orang lain mempunyai sifat mulia tersendiri''
PATUNG
Ketika SEBUAH PIALA yg di angkat patung di sebagai simbol kebersihan kota,
bukan hanya maskot tp memang realita dan simbol kebanggaan...
ADIPURA.COM
MALAM SERIBU BULAN
Malam ke-21 pada bulan ramadhan yang sering kita kenal dengan malam LAILATUL QADAR, akan dikaji lebih mendalam tentang beridah dimalam tersebut.
KARTU UCAPAN LEBARAN
Setiap menjelang hari raya idul fitri seperti saat ini bukan tak mungkin banyak orang yang pulang kampung alias mudik.
Tak pelak perjanan juga mulai ramai dengan arus kendaraan....
ada langkah jiiitu untuk mengatasi atau mengurangi yaitu dengan mengirimkan kartu ucapan lebaran.
RENUNGAN DIMALAM JUM'AT
Dimalam penuh barokah dan dingin pekat menyelimuti dan menusuk tulang, menyempatkan waktu untuk membaca kalimah toyibah dll ''dzikir'' ke makam K Ageng Besari dan Masjid tegal sari Jetis Ponorogo,
penuh semangat dengan waktu dan penantian, segeralah di berangkat......
setelah ritualan doa kami ngopi dan makan tempe tabok "karena saking basarnya tempe"
Kamis, 18 Agustus 2011
TEOLOGI PEMBEBASAN
(Koord. Materi Ke-Islam-an)
“Teologi merupakan refleksi dari kondisi social-kultur yang bersifat kontekstual, cenderung lebih konkret dan histories dan tidak eternal yang selalu cocok dalam kurun waktu dan sejarah” (Asgar Ali Enginer)
Teologi pembebasan muncul pertama kali di negara amerika latin. Pada masa itu terjadi penindasan serta gerakan repreisif dari penguasa, pemerintahan oligarki memberikan kehidupan yang sengsara kepAda rakyat. Keadaan ekonomi,soisial dan politik tidak menciptakan kemakmuran untuk rakyat. Malah menciptakan system kapitalisme yang untuk awal dari modernisasi yang tidak seimbang. Sehingga diawali dari industrialisasi dengan menggunakan teori depedensi (ketergantungan, Andre Under Frank dan Fernando H. Cardoso,1948), Dengan menggunakan pendekatan neomarxis, memandang nasib negara-negara di Dunia Ketiga. Kata mereka, modernisasi di negara-negara Amerika Latin dan negara Dunia Ketiga lainnya justru melahirkan para penguasa mapan, pemilik modal besar, tuan tanah, dan kaum elite yang mengeksploitasi rakyat.
Di bidang keagamaan, terjadi pergeseran pandangan teologis di kalangan Gereja Katolik di seantero Amerika Latin. Disebutkan dalam buku Teologi Pembebasan, selama berabad-abad gereja di Amerika Latin menganut pemahaman teologi Barat (Eropa) yang bersifat transendental dan rasional, yang berkutat dalam upaya memahami Tuhan dan iman secara rasional. Para uskup Amerika Latin menilai, cara berteologi Barat telah menimbulkan kemandekan berpikir, bertindak, dan menjauhkan gereja dari masaah-masalah kongkret. Gereja-gereja penganut teologi Barat, tuding mereka, hanya sibuk mengkhotbahkan ajaran Yesus sejauh menyangkut hidup pribadi, mengimbau orang agar tetap bertahan dan sabar menghadapi penderitaan, menghibur kaum miskin dan tertindas dengan iming-iming surga setelah kematian
Tahun 1971, terbit Teologia de la Liberacion --Teologi Pembebasan-- karya Gustavo Gutierrez, pastor dari Peru itu. Buku ini menguraikan secara jelas gagasan-gagasan dan tindakan-tindakan yang ditempuh para uskup Amerika Latin. Keberpihakan para uskup pada penguasa memberikan kelanggengan dalam betuk penindasan secara institusional, ini merupakan factor dari teologi yang sifatnya elitis, metafisis.
Di dalam islam sendiri dalm teologi pembebasan kita kenal tokoh Asgar Ali Engineer (india), Farid Isack (afrika selatan), dan ada juga tokoh yang mempunyai spirit dalam teologi transformasi yaitu Hasan Hanafi (Mesir) Ziaul Haque (Pakistan).
Namun tokoh yang paling kita kenal dalam teologi pembebasan ialam Asgar Ali Enginer, disamping sebagai pemikir dia juga sebagai aktifis. Dia seorang pemimpin salah satu kelompok Syi'ah Isma'iliyah, Daudi Bohras (Guzare Daudi) yang berpusat di Bombay India. Melalui wewenang keagamaan yang ia miliki, Asghar Ali Engineer berusaha menerapkan gagasan-gagasannya. Untuk itu ia harus menghadapi reaksi generasi tua yang cenderung bersikap konservatif, mempertahankan kemapanan.
Untuk memahami latar belakang keagamaan Asghar Ali Engineer , ada baiknya diketahui sepintas lalu kelompok Daudi Bohras ini. Para pengikut Daudi Bohras dipimpin oleh Imam sebagai pengganti Nabi yang dijuluki Amiru 'l Mukminin. Mereka mengenal 21 orang Imam. Imam mereka yang terakhir Mawlana Abu 'l-Qasim al-Thayyib yang menghilang pada tahun 526 H. Akan tetapi mereka masih percaya bahwa ia masih hidup hingga sekarang. Kepemimpinannya dilanjutkan oleh para Da'i (dari perkataan itu berasal ungkapan Daudi) yang selalu berhubungan dengan Imam terakhir itu. Seorang Da'i harus tampil sebagai pembela umat yang tertindas dan berjuang melawan kezaliman. Asghar Ali adalah seorang Da'i.
Dengan memahami posisi Asghar di atas kita tidak heran mengapa Asghar Ali Engineer sangat vokal dalam menyoroti kezaliman dan penindasan. Ia menganjurkan bukan sekedar merumuskan "teologi transformatif" akan tetapi lebih dari itu. Asghar Ali Engineer menghimbau generasi muda Islam untuk merekonstruksi "teologi radikal transformatif". Ketika gagasan Teologi Pembebasan muncul di kalangan gereja Katolik di Amerika Latin, yang ternyata tidak direstui Vatikan, ia menulis artikel "Teologi Pembebasan dalam Islam". Tulisan-tulisan dalam buku ini sarat dengan analisa filosofikal dan historikal untuk merumuskan "Teologi Pembebasan dalam konteks modern" seperti diinginkan oleh Asghar Ali.Engineer
dalam bukunya Islam and Liberation Theology (1990) menjelaskan bahwa teologi pembebasan cenderung lebih konkret dan praktis, titik tekannya ialah realitas social. Sehingga tidak akan tercerabut dari akar kultur-sosial yang terjadi di dalam masyarakat. Teologi pembebasan tidak netral. Artinya mempunyai keberpihakan dalam menentang staus quo, sebagai instrument untuk melepaskan belenggu manusia dari ketertindasan dan kelemahan yang dilakukan oleh penguasa.
Sumber inspirasi dalam teologi pembebasan ialah Al-Qurqn dan Hadis, dimana dalam Al-Quran telah mengajarkan kepada kita tentang persamaan hak antar semua manusia, tidak ada diskriminasi antara satu dengan yang lain. Selain itu harus kita tauladani segala perbuatan nabi SAW. Beliau disamping sebagai rosul juga sebagai aktivis pembebas manusia dalam ketertindasan.
Dalam pandangan Asgar Ali Enginer sejarah Nabi merupakan perubahan social, dimana keadaan social-ekonomi masyarakat arab telah terjadi ketidakadilan oleh penguasa Qurays. Dan cenderung menghegemoni kegiatan ekonomi masyarakat. Menururt Thaha Husein, perjalanan dakwah nabi kalau hanya orirentasinya tentang ke-esaan Tuhan, tanpa memberikan penjelasan tentang pentingnya mendistribusikan sebagian hartanya dan persamaan hak, memerdekakan budak, mensejahterakan orang miskin maka konglomerat Quraisy akan menerima islam.
Selain itu Ali juga memaparkan tauhid dan kufr. Dimana tauhid itu tidak hanya terbatas hanya meng-esakan tuhan, namun harus bisa menciptakan kehidupana di dalam struktur masyarakat tanpa kelas (classles society). Sedangkan kufur ialah "...orang-orang kafir dalam arti yang sesungguhnya adalah orang-orang yang menumpuk kekayaan dan terus membiarkan kezaliman dalam masyarakat serta merintangi upaya-upaya menegakkan keadilan...". oleh karena itu semangat yang diambil ialah semuanya interpretasikan yang dilakukan oleh Asgar Ali Enginer tidak hanya berdimensi teologis, namun juga berdimensi social-ekonomi.
Islam adalah agama yang mempunyai spirit keummatan universal. Tidak ada yang istimewa secara kekuasaan dimata Tuhan, semuanya tergantung kepada penjiwaan serta penerapan Islam secara holistic. Dasar dari islam ialah persaudaraan yang universal (universal brotherhood), kesetaraan (equality) dan keadilan social (social justice). Pertama Islam menekankan kesatuan manusia (unity of mankind) yang ditegaskan dalam Al-quran. “hai manusia ! kami ciptakan kamu laki-laki dan perempuan, kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku saling mengenal”. Kedua Islam menekan pada keadilan di semua aspek kehidupan. Dan jika ada dua golongan dari orang-orang mukmin berperang maka damaikanlah antara keduanya. Jika salah satu dari kedua golongan itu berbuat aniaya terhadap golongan yang lain maka perangilah golongan yang berbuat aniaya itu sehingga golongan itu kembali kepada perintah Allah; jika golongan itu telah kembali (kepada perintah Allah), maka damaikanlah antara keduanya dengan adil dan berlaku adillah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil.
NGAJI SAMBIL NGABUBURIT
Menarik saat ngaji sore tadi tentang masalah proses pencarian, kadang kita tahu bahwa agama yang kita anut saat ini adalah agama keturunan, kadang juga semua terbentuk dari sebelum kita lahir, karena sejak lahir sudah diperkenalkan ''adzan dan iqomah'' dan juga sistem masyarakat yang membentuk demikian.
Kalau di kesempatan yang tadi diuraikan tentang mensyukuri dengan memupuk keislaman dengan menitik beratkan pada uri-uri atau mengerakkan, mengangkat, menyemarakkan yang sudah ada, ex musolla dan masyarakat.
Tapi saya ingin mengangkat topik tentang proses mengenali atau melihat dari sudut pandang lain, ex yaitu THEOLOGY PEMBEBASAN yakni mencoba keluar dari kodrat yang membelenggu, jadi menganalisa dengan keluar dari ikatan yang sudah ada, maka kita akan tahu TUHAN, jadi agama yang kita anut bukan menjadi agama yang asal-asalan atau agama keturunan,
SELAMAT TINGGAL KEGIATAN SATU BULAN TERAKHIR
Sudah saat berpisah dengan sinduro,
yang telah mengajari aku nilai arti dari sebuah pengorbanan haha
langkah kecil sebagai pengalaman untuk mencari hidup yang lebih baik lagi,
godbye..
Rabu, 17 Agustus 2011
TERLANJUR DIPERCAYA
letak kepercayaan yang telah diberikan kadang menjadi beban, dalam artian kita diberi tanggung jawab dan bagaimana cara menjaga kepecayaan itu agar terus tejaga, dan manusia kadang bisa berubah-ubah karena digerakkan oleh akal,
PROKLAMASI
Mengungkap Di Balik Proklamasi Kemerdekaan RI
Tujuh belas Agustus merupakan hari besar kemerdekaan bangsa Indonesia. Pada tanggal tersebut, 66 tahun yang lalu merupakan hari paling bersejarah negeri ini karena di hari itulah merupakan awal dari kebangkitan rakyat Indonesia dalam melawan penjajahan sekaligus penanda awalnya revolusi. Namun, ada beberapa hal menarik seputar hari kemerdekaan negeri kita tercinta ini yang sayang jika belum Anda ketahui.
Walaupun sebelumnya telah berbagai perjuangan yang telah dilakukan, tapi moment yang mengangkat kata kunci indonesia merdeka,harta jiwa raga menjadi taruhannya....
dan sekarang.......AKANKAH PROKLAMASI HANYA SEBUAH TEKS???
Selasa, 16 Agustus 2011
Laundry pakaian
Hari-hari ini q disibukkan dengan cuci mencuci alias LAUNDRY ada hal-hal menarik didalamnya dari pemilahan baju putih, warna, levis, dSb, ada rendaman teRsendiri, saat pengeringan harus disesuaikan pemilik masing-2, setrika, pengemasan, ada hal yang harus diingat yaitu selain kebersihan harus SUCI, Memang untungnya sedikit tapi prosesnya panjang dan rumit, serta butuh daya ingat kuat serta kehati-hatian, sekali salah fatal akibatnya
laju trawih
sholat yang hanya dilakukan pada saat bulan ramadhan, ada hal menarik tentang sholat tarawih itu sendiri dalam pengamatan dari sudut pandangq yaitu sholat yg jamaahnya banyak dihari-hari awal,
karena mencari beRkah dengan semangat yg tinggi,
pada dasarnya dalam sholat makmum akan lebih bersemangat jika imamnya juga semangat,
laju kecepatan yang dirasa lebih diutamakan,
mungkin ada kekhawatiran tentang khusuk atau tidaknya, tapi jika sholat dikerjakan dengan khidmat bacaan atau laju kecepatan ditambah,
'bentar ni masih konsepan dari hand phone'
ntar da editan
pengemis vs pemerintah
melihat di dubai sulit jadi pengemis disana karena untuk mengatasinya pemerintah disana memberlakukan surat miskin yang pada nantinya akan ditangani lembaga amal yang disediakan pemerintah,
Pengemis-Pemerintah-Tempat Usaha
Mengenal lagi kotaku, kota kelahiranku...
Sepanjang jalan kota khususnya sudah banyak bangunan dan berbagai macam usaha, baik perkantoran, perusahaan, sampai usaha rumahan ''sungguh sudah seperti kota madya''
berbagai jalinan perjalanan ekonomi mulai berjalan, ''warung kopi sampai hotel sudah ada'', kesenian, budaya, antisias masyarakat dalam event apapun kota dijadikan pusatNya,
Namun kenapa??
Masih banyak pengemis??
Siapa yang salah, sungguh pertanyaan itu terus menggelitik di benakku. Membaca dari sudut pandang tanpa menyalahkan apakah keuntungan atau kerugian dari pengemis itu sendiri??
Ex. Orang jualan masih bisa untuk rugi dan pedagang kecil berapa untungnya??
Pengemis: tak ada modal hanya terus berjalan,
tak tahulah mana yang betul-betul pengemis??
Kenapa banyak pengemis??
Adakah yang salah dari pemerintah??
Hari ke 15
Puasa kali sudah terbiasa, namun kegiatan hari ini full sampe belum bisa menahan emosi yang meluap
angan-angan berbuka puasa
Angin kencang disertai debu nan berterbangan menghiasi sore ini. Nampak jelas wajah kusut pucat pasi teraut diwajah, laju jam pun tak putar berhenti, hanya angan-angan yang membuatnya pelan, tetap tersenyum ambil handuk lantas pergi ke kamar mandi,
Senin, 15 Agustus 2011
MALAS
Sering kita dibenturkan dengan ide yang melimpah, setelah kegiatan berjalan dengan lancar tinggal istiqomahnya, namun sifat malas trus memberi tawaran dan sulit sekali menghilangkan sifat yang buruk ini,
Minggu, 14 Agustus 2011
SIFAT JUJUR
Gampang diucapkan tapi sulit untuk dilakukan. Kenapa karena sifat ini adalah sifat yang mulia dari sifat pintar, trampil, dan juga sifat yang baik lainnya. Karena segala sesuatu jika dibarengi dengan kejujuran akan bisa langgeng. Kadang sifat ini tidak serta baik dalam kenyataan tapi baik kalau difikirkan lebih mendalam, Adapun jika orang tidak jujur yang pertama maka selanjutnya dia tidak akan jujur guna menutupi kebohongan yang pertama, ''Bahkan KERAGU-RAGUAN ADALAH SIFAT YANG TIDAK JUJUR atau bohong''
LELAH
Hari yang melelahkan, ketika raga beradu dengan keadaan. Seperti saat ini ketika tubuh mulai lemas malah dituntut untuk selalu bangkit. Jadi emosi juga meledak-ledak harus menjaga keadaan yang seperti ini. Huuuft..
SEMAAN
Semaan Al-Qur’an
Semaan dan Dzikur ghofilin yang Diadakan di Ponorogo berkat jasa KH hamim Jazuli (gus mik) dan juga KH Hasyim sholeh dan juga sami’in dan sami’at. Yang kini pesat dan juga terjadwal. Apa sih maksudnya acara itu timbul pertanyaan demikian dalm benakku, dan juga apa sih yang kita dapatkan dari setelah mengikuti dan malihat dari sudut pandang berbagai arah pertanyaan selalu terbersik di hati, Baru pada saat ini tangan ini mampu untuk menulis dari segi pendapatku secara sekilas.
Langsung saja seorang Hafid adalah orang hafal al-qur’an bahkan juga ada yang hafal sekaligus mengerti makna dan digunakan untukdiri pribadi maupun untuk orang lain. Al-quran sebagai pegangan hidup inilah yang harus kita jaga agar makhluk mampu selamat didunia sampai akhirat.
Suatu ekspresi ibadah secara berjamah baik membaca dizikir, sholat wajib maupun sunat dan juga boleh dikatakan Suatu perkumpulan yang sangat kuat untuk sesama mukmin bertemu dalam satu forum guna membaca al quran. Dan juga berdo’a dan beribadah yang dilakukan berjamaah, mendoakan yang lagi sakit, hamil, susah, ataupun untuk ijab nikah adan tak lupa berdo’a bersama agar bangsa Indonesia mampu adil dan makmur.
Ajang silaturrohmi karena disini Sahabat, teman, family, saudara sesm mikmin saling bertemu untuk manjalin kekeluargaan dan juga mengembangkan diri baik moril maupun spiritual. mencari barokah Karena pada perkumpulan ini bukan hanya beberapa melainkan beribu- ribu orang berkumpul, dipandang dari kacamata dengan ini ikatan kebersamanan baik Panitia, Hafid, Shohibul Baid, yang mempunyai Hajjad saling berinteraksi, saling membutuhkan seperti manusia sebagai makhluk social.
Untuk mengenang jasa para ulama yang sudah merintis maupun mengembangkan Islam. Karena dengan ini kita bersholawat kepada Nabi “ memberikan ucapan selamat kepada beliu yang telah mabawa umatnya kedalam agama islam agama penyelamat bagi seluruh makhluk hidup didunia. Dan juga berdo.a semoga mendapatkan syafa’at besok d yaumul kiamat, Ataupun juga memberikan hadiah kepada malalikat, wali, ulama, kepada nenek moyang dan berterimakasih untuk jasanya kepada kita.
Memperkaya budaya Islam di Indonesia, karena dengan budaya sebagai pengikat semangat, memperkokoh tali persaudaraan, sehingga kuat dan tidak mudah roboh. Dan lebih baik membuat budaya yang baik, dari pada harus menjiplak atau mencuri kebudayaan orang lain.
GUS DUR ARTIKEL
Senin, 04 Januari 2010
Kumpulan Artikel-Opini 'GUS DUR'. Membaca Lagi Jejak Gus Dur
Pluralisme dan Nasionalisme: Gus Dur dan Frans Seda - Ignas Kleden; Gus
Dur - Franz Magnis-Suseno SJ; Gus Dur – Catatan Pinggir Goenawan
Mohamad; Gus Dur, Raja Telah Mangkat, Hidup Raja! - HARRY TJAN SILALAHI;
Gus Dur dan Politik Multikulturalisme - A SONNY KERAF; Gus Dur sebagai
"Orang Asing" - Wildan Pramudya; Bapak Ceplas-ceplos Nasional - Sujiwo
Tejo; Gus Dur Pejuang Pluralisme Sejati - Benyamin F Intan; Ataturk,
Mahatma Gandhi, dan Gus Dur – Trias Kuncahyono; Gus Dur, NU, dan
Indonesia - KACUNG MARIJAN; Bandul Pendulum Gus Dur - Arif Afandi;
Catatan Tentang Gus Dur : Bola Demokrasi – Sindhunata; ANALISIS POLITIK :
Dengan Mati, Gus Dur Abadi - Yudi Latif; KETOKOHAN. Gus Dur dalam
Perspektif Keulamaan - Anwar Hudijono; PLURALISME : Penerus Gus Dur Akan
Muncul - Ingki Rinaldi; Usulan Gus Dur Pahlawan Nasional - Asvi Warman
Adam; Orang Besar, dari Mana Datangnya? - M Alfan Alfian; Feyerabend
von Jombang - L WILARDJO; Indonesia dan Gus Dur - BENNY SUSETYO; Gus Dur
Telah Pergi - Franz Magnis-Suseno; Pluralisme Pasca-Gus Dur - Zuhairi
Misrawi; Menghargai dan Mencari Figur Pengganti Gus Dur - Laode Ida;
"Gitu Aja Kok Repot"-nya Gus Dur - Abdul Munir Mulkhan; Warisan Gus Dur -
Jaya Suprana; Politik Luar Negeri Gus Dur - Budiarto Shambazy; Dia
adalah Jendela kepada Dunia -Moeslim Abdurrahman; Gus Dur, Sang Nomor
Satu - Indra J. Piliang; Dua Tahun Bersama Gus Dur di Istana - Wahyu
Muryadi; Kepergian Seorang Nahdliyin - Masdar F Mas'udi; Kehilangan
Besar - Fachry Ali ; Pekerjaan Rumah dari Gus Dur - Garin Nugroho; Gus
Dur Sebenarnya Sedang Tidur - Arswendo Atmowiloto dll
Gus Dur di Halaman Muka Koran Indonesia
11 Januari 2010
Pluralisme dan Nasionalisme: Gus Dur dan Frans Seda - Ignas Kleden
Gus Dur - Franz Magnis-Suseno SJ
Gus Dur – Catatan Pinggir Goenawan Mohamad
Gus Dur, Raja Telah Mangkat, Hidup Raja! - HARRY TJAN SILALAHI
9 Januari 2010
Gus Dur dan Politik Multikulturalisme - A SONNY KERAF
8 Januari 2010
Gus Dur sebagai "Orang Asing" - Wildan Pramudya
7 Januari 2010
Bapak Ceplas-ceplos Nasional - Suwo Tejo
Gus Dur Pejuang Pluralisme Sejati - Benyamin F Intan
6 Januari
Ataturk, Mahatma Gandhi, dan Gus Dur – Trias Kuncahyono
Gus Dur, NU, dan Indonesia - KACUNG MARIJAN
Bandul Pendulum Gus Dur - Arif Afandi
5 Januari
Catatan Tentang Gus Dur : Bola Demokrasi - Sindhunata
ANALISIS POLITIK : Dengan Mati, Gus Dur Abadi - Yudi Latif
KETOKOHAN. Gus Dur dalam Perspektif Keulamaan - Anwar Hudijono
PLURALISME : Penerus Gus Dur Akan Muncul - Ingki Rinaldi
Usulan Gus Dur Pahlawan Nasional - Asvi Warman Adam
Orang Besar, dari Mana Datangnya? - M Alfan Alfian
Feyerabend von Jombang - L WILARDJO
Indonesia dan Gus Dur - BENNY SUSETYO
Gus Dur yang Saya Kagumi - Richard Daulay
4 Januari 2010
Gus Dur Telah Pergi - Franz Magnis-Suseno
Pluralisme Pasca-Gus Dur - Zuhairi Misrawi
Menghargai dan Mencari Figur Pengganti Gus Dur - Laode Ida
Gus Dur dan Moderatisme Islam - ADDI MAWAHIBUN IDHOM
Gus Dur Pahlawan untuk Semua - Ma'mun Murod
Tajuk Rencana Kompas -Memahami Popularitas Gus Dur
Gus Dur dan Moderatisme Islam - ADDI MAWAHIBUN IDHOM
2 Januari 2010
"Gitu Aja Kok Repot"-nya Gus Dur - Abdul Munir Mulkhan
Warisan Gus Dur - Jaya Suprana
KOLOM POLTIK EKONOMI Politik Luar Negeri Gus Dur - Budiarto Shambazy
Gus Dur dan Islam - Ma'mun Murod Al-Barbasy
OPINI JAWA POS : Sang Guru Tinggalkan Kita
Bapak Pluralisme Indonesia - Mustofa Liem
1 Januari 2010
Gus Dur Manusia Setengah Dewa - Asvi Warman Adam
31 Desember 2009
IN MEMORIAM GUS DUR Dia adalah Jendela kepada Dunia -Moeslim Abdurrahman
Gus Dur, Sang Nomor Satu - Indra J. Piliang
Dua Tahun Bersama Gus Dur di Istana - Wahyu Muryadi
Kepergian Seorang Nahdliyin - Masdar F Mas'udi
Kehilangan Besar - Fachry Ali
Pekerjaan Rumah dari Gus Dur - Garin Nugroho
Gus Dur Sebenarnya Sedang Tidur - Arswendo Atmowiloto
OPINI JAWA POS : Selamat Jalan Sahabat Semua Golongan
Editorial TEMPO: Gus Dur dan Pluralisme
Tajuk Rencana Kompas : Kehampaan atas Kepergian Gus Dur
Edisi Obituari Majalah Tempo
Sang Pendobrak dari Tebuireng
Sang pendobrak kejumudan beragama dan benteng terakhir penjaga hak-hak kaum minoritas yang tertindas itu telah berpulang. Wahyu Muryadi, redaktur eksekutif majalah ini, yang pernah mendampingi Gus Dur sebagai Kepala Biro Protokol Istana, bercerita tentang Presiden RI keempat yang ia kenal dari dekat itu.
Mencoba Membumikan Langit
Gus Dur memiliki karisma besar. Ia sering menimbulkan kebingungan, tapi sangat disayangi kaum nahdliyin.
Persahabatan Tak Biasa di Sungai Tigris
Pergaulan Gus Dur semasa kuliah di Bagdad telah mengubah pandangan keagamaannya. Ia bersahabat dengan Yahudi dan Syiah Irak.
Perginya Penakluk Hati Rakyat
Abdurrahman Wahid wafat. Sosok pemimpin langka, yang berani mengambil risiko demi Indonesia yang lebih baik.
baca juga
Kumpulan Humor Gusdur : Kyai Kontroversial yang humoris
Kumpulan Humor Gusdur : Kyai Kontroversial yang humoris
Gus Dur di Halaman Muka Koran Indonesia
11 Januari 2010
Pluralisme dan Nasionalisme: Gus Dur dan Frans Seda - Ignas Kleden
Gus Dur - Franz Magnis-Suseno SJ
Gus Dur – Catatan Pinggir Goenawan Mohamad
Gus Dur, Raja Telah Mangkat, Hidup Raja! - HARRY TJAN SILALAHI
9 Januari 2010
Gus Dur dan Politik Multikulturalisme - A SONNY KERAF
8 Januari 2010
Gus Dur sebagai "Orang Asing" - Wildan Pramudya
7 Januari 2010
Bapak Ceplas-ceplos Nasional - Suwo Tejo
Gus Dur Pejuang Pluralisme Sejati - Benyamin F Intan
6 Januari
Ataturk, Mahatma Gandhi, dan Gus Dur – Trias Kuncahyono
Gus Dur, NU, dan Indonesia - KACUNG MARIJAN
Bandul Pendulum Gus Dur - Arif Afandi
5 Januari
Catatan Tentang Gus Dur : Bola Demokrasi - Sindhunata
ANALISIS POLITIK : Dengan Mati, Gus Dur Abadi - Yudi Latif
KETOKOHAN. Gus Dur dalam Perspektif Keulamaan - Anwar Hudijono
PLURALISME : Penerus Gus Dur Akan Muncul - Ingki Rinaldi
Usulan Gus Dur Pahlawan Nasional - Asvi Warman Adam
Orang Besar, dari Mana Datangnya? - M Alfan Alfian
Feyerabend von Jombang - L WILARDJO
Indonesia dan Gus Dur - BENNY SUSETYO
Gus Dur yang Saya Kagumi - Richard Daulay
4 Januari 2010
Gus Dur Telah Pergi - Franz Magnis-Suseno
Pluralisme Pasca-Gus Dur - Zuhairi Misrawi
Menghargai dan Mencari Figur Pengganti Gus Dur - Laode Ida
Gus Dur dan Moderatisme Islam - ADDI MAWAHIBUN IDHOM
Gus Dur Pahlawan untuk Semua - Ma'mun Murod
Tajuk Rencana Kompas -Memahami Popularitas Gus Dur
Gus Dur dan Moderatisme Islam - ADDI MAWAHIBUN IDHOM
2 Januari 2010
"Gitu Aja Kok Repot"-nya Gus Dur - Abdul Munir Mulkhan
Warisan Gus Dur - Jaya Suprana
KOLOM POLTIK EKONOMI Politik Luar Negeri Gus Dur - Budiarto Shambazy
Gus Dur dan Islam - Ma'mun Murod Al-Barbasy
OPINI JAWA POS : Sang Guru Tinggalkan Kita
Bapak Pluralisme Indonesia - Mustofa Liem
1 Januari 2010
Gus Dur Manusia Setengah Dewa - Asvi Warman Adam
31 Desember 2009
IN MEMORIAM GUS DUR Dia adalah Jendela kepada Dunia -Moeslim Abdurrahman
Gus Dur, Sang Nomor Satu - Indra J. Piliang
Dua Tahun Bersama Gus Dur di Istana - Wahyu Muryadi
Kepergian Seorang Nahdliyin - Masdar F Mas'udi
Kehilangan Besar - Fachry Ali
Pekerjaan Rumah dari Gus Dur - Garin Nugroho
Gus Dur Sebenarnya Sedang Tidur - Arswendo Atmowiloto
OPINI JAWA POS : Selamat Jalan Sahabat Semua Golongan
Editorial TEMPO: Gus Dur dan Pluralisme
Tajuk Rencana Kompas : Kehampaan atas Kepergian Gus Dur
Edisi Obituari Majalah Tempo
Sang Pendobrak dari Tebuireng
Sang pendobrak kejumudan beragama dan benteng terakhir penjaga hak-hak kaum minoritas yang tertindas itu telah berpulang. Wahyu Muryadi, redaktur eksekutif majalah ini, yang pernah mendampingi Gus Dur sebagai Kepala Biro Protokol Istana, bercerita tentang Presiden RI keempat yang ia kenal dari dekat itu.
Mencoba Membumikan Langit
Gus Dur memiliki karisma besar. Ia sering menimbulkan kebingungan, tapi sangat disayangi kaum nahdliyin.
Persahabatan Tak Biasa di Sungai Tigris
Pergaulan Gus Dur semasa kuliah di Bagdad telah mengubah pandangan keagamaannya. Ia bersahabat dengan Yahudi dan Syiah Irak.
Perginya Penakluk Hati Rakyat
Abdurrahman Wahid wafat. Sosok pemimpin langka, yang berani mengambil risiko demi Indonesia yang lebih baik.
baca juga
Kumpulan Humor Gusdur : Kyai Kontroversial yang humoris
Kumpulan Humor Gusdur : Kyai Kontroversial yang humoris
TUGAS
Tugas dan Peran Manusia
Kaum Muslimin Rahimakumullah!Manusia dgn makhluk Allah lainnya sangat
berbeda apalagi manusia memiliki kelebihan-kelebihan yg tidak dimiliki
oleh makhluk yg lain salah satunya manusia diciptakan dgn sebaik-baik
bentuk penciptaan namun kemuliaan manusia bukan terletak pada
penciptaannya yg baik tetapi tergantung pada; apakah dia bisa
menjalankan tugas dan peran yg telah digariskan Allah atau tidak bila
tidak maka ia akan dimasukkan ke dalam neraka dgn segala
kesengsaraannya. Allah SWT berfirman yg artinya “Sesungguhnya Kami
telah menciptakan manusia dalam bentuk yg sebaik-baiknya. Kemudian Kami
kembalikan dia ke tempat yg serendah-rendahnya kecuali orang-orang yg
beriman dan mengerjakan amal shaleh; maka bagi mereka pahala yg tiada
putus-putusnya.” . Paling kurang ada tiga tugas dan peran yg harus
dimainkan oleh manusia dan sebagai seorang muslim kita bukan hanya harus
mengetahuinya tetapi menjalankannya dalam kehidupan ini agar kehidupan
umat manusia bisa berjalan dgn baik dan menyenangkan. Beribadah kepada
Allah SWT Beribadah kepada Allah SWT merupakan tugas pokok bahkan
satu-satunya tugas dalam kehidupan manusia sehingga apa pun yg dilakukan
oleh manusia dan sebagai apa pun dia seharusnya dijalani dalam kerangka
ibadah kepada Allah SWT sebagaimana firman-Nya yg artinya “Dan Aku tidak menciptakan manusia kecuali supaya mereka menyembah-Ku.”
. Agar segala yg kita lakukan bisa dikategorikan ke dalam ibadah kepada
Allah SWT paling tidak ada tiga kriteria yg harus kita penuhi. Pertama
lakukan segala sesuatu dgn niat yg ikhlas krn Allah SWT. Keikhlasan
merupakan salah satu kunci bagi diterimanya suatu amal oleh Allah SWT
dan ini akan berdampak sangat positif bagi manusia yg melaksanakan suatu
amal krn meskipun apa yg harus dilaksanakannya itu berat ia tidak
merasakannya sebagai sesuatu yg berat apalagi amal yg memang sudah
ringan. Sebaliknya tanpa keikhlasan amal yg ringan sekalipun akan terasa
menjadi berat apalagi amal yg jelas-jelas berat utk dilaksanakan tentu
akan menjadi amal yg terasa sangat berat utk mengamalkannya. Kedua
lakukan segala sesuatu dgn cara yg benar bukan membenarkan segala cara
sebagaimana yg telah digariskan oleh Allah SWT dan dicontohkan oleh
Rasul-Nya. Manakala seorang muslim telah menjalankan segala sesuatu
sesuai dgn ketentuan Allah SWT maka tidak ada penyimpangan-penyimpangan
dalam kehidupan ini yg membuat perjalanan hidup manusia menjadi sesuatu
yg menyenangkan. Ketiga adl lakukan segala sesuatu dgn tujuan mengharap
ridha Allah SWT dan ini akan membuat manusia hanya punya satu
kepentingan yakni ridha-Nya. Bila ini yg terjadi maka upaya menegakkan
kebaikan dan kebenaran tidak akan menghadapi kesulitan terutama
kesulitan dari dalam diri para penegaknya hal ini krn hambatan-hambatan
itu seringkali terjadi krn manusia memiliki kepentingan-kepentingan lain
yg justru bertentangan dgn ridha Allah SWT. Khalifah Allah di Muka Bumi
Nilai-nilai dan segala ketentuan yg berasal dari Allah SWT harus
ditegakkan dalam kehidupan di dunia ini. Untuk menegakkannya manusia
diperankan oleh Allah SWT sebagai khalifah Allah di muka bumi ini utk
menegakkan syariat-syariat-Nya Allah SWT berfirman yg artinya “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.”
. Untuk bisa menjalankan fungsi khalifah manusia harus menegakkan
nilai-nilai kebenaran dan keadilan serta menyiarkan kebaikan dan
kemaslahatan ini merupakan perkara yg sangat mendasar utk bisa
diterapkan. Tanpa kebenaran dan keadilan serta kebaikan dan kemaslahatan
tidak mungkin tatanan kehidupan umat manusia bisa diwujudkan karenanya
ini menjadi persyaratan utama bagi manusia utk menjalankan fungsi
khalifah pada dirinya. Allah SWT berfirman yg artinya “Hai Daud
sesungguhnya Kami menjadikan kamu khalifah di muka bumi maka berilah
keputusan di antara manusia dgn adil dan janganlah kamu mengikuti hawa
nafsu krn ia akan menyesatkan kamu dari jalan Allah. Sesungguhnya
orang-orang yg sesat dari jalan Allah akan mendapat azab yg berat krn
mereka melupakan hari perhitungan.” . Untuk bisa memperoleh
kehidupan yg baik di dunia ini salah satu yg menjadi penopang utamanya
adl penegakkan hukum secara adil sehingga siapa pun yg bersalah akan
dikenai hukuman sesuai dgn tingkat kesalahannya karenanya hal ini
merupakan sesuatu yg sangat ditekankan oleh Allah SWT kepada manusia
sebagaimana terdapat dalam firman-Nya yg artinya “Sesungguhnya Allah
menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yg berhak menerimanya dan
apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya menetapkannya dgn
adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yg sebaik-baiknya kepadamu.
Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” . Mengingat
keadilan begitu penting bagi upaya mewujudkan kehidupan yg baik
keharusan berlaku adil tetap ditegakkan meskipun kepada orang yg kita
benci sehingga jangan sampai krn kebencian kita kepadanya keadilan yg
semestinya ia ni’mati tidak bisa mereka peroleh. Manakala keadilan bisa
ditegakkan maka masyarakat yg bertakwa kepada Allah SWT cepat atau
lambat akan terwujud. Allah berfirman yg artinya “Hai orang-orang yg
beriman hendaklah kamu jadi orang yg selalu menegakkan krn Allah menjadi
saksi dgn adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap suatu
kaum mendorong kamu utk berlaku tidak adil. Berlaku adillah krn adil itu
lbh dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya
Allah Maha Mengetahui apa yg kamu kerjakan.” . Membangun Peradaban
Kehidupan dan martabat manusia sangat berbeda dgn binatang. Binatang
tidak memiliki peradaban sehingga betapa rendah derajat binatang itu.
Adapun manusia dicipta oleh Allah SWT utk membangun dan menegakkan
peradaban yg mulia karenanya Allah SWT menetapkan manusia sebagai
pemakmur bumi ini. Allah berfirman yg artinya “Dia telah menciptakan kamu dari bumi dan menjadikan pemakmurnya.”
. Untuk bisa membangun kehidupan yg beradab ada lima pondasi masyarakat
beradab yg harus diwujudkan dan diperjuangan pelestariannya yaitu
pertama nilai-nilai agama Islam yg datang dari Allah SWT kedua akal yg
merupakan potensi besar utk berpikir dan merenungkan segala sesuatu.
Ketiga harta yg harus dicari secara halal dan bukan menghalalkan segala
cara. Keempat kehormatan manusia dgn akhlaknya yg mulia yg harus dijaga
dan dilestarikan. Dan kelima keturunan atau nasab manusia yg harus jelas
sehingga dalam masalah hubungan seksual misalnya manusia tidak akan
melakukannya kepada sembarang orang. Manakala manusia tidak mampu
membangun peradaban sebagaimana yg telah digariskan oleh Allah SWT maka
martabat manusia akan menjadi lbh rendah dari binatang hal ini krn
manusia bukan hanya memiliki potensi fisik yg sempurna dibanding
binatang juga manusia punya botensi berpikir dan mendapat bimbingan
berupa wahyu dari Allah SWT yg diturunkan kepada para Nabi. Dalam kaitan
kemungkinan manusia menjadi lbh rendah atau lbh sesat dari binatang
bahkan binatang ternak dikemukakan oleh Allah SWT dalam firman-Nya yg
artinya “Dan sesungguhnya Kami jadikan utk isi neraka jahannam
kebanyakan dari jin dan manusia mereka mempunyai hati tapi tidak
dipergunakannya utk memahami dan mereka mempunyai mata tidak
dipergunakannya utk melihat dan mereka mempunyai telinga tidak
dipergunakannya utk mendengar . Mereka itu seperti binatang ternak
bahkan mereka lbh sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yg lalai.” .
Kaum mislimin yg berbahagia!Dari keterangan di atas menjadi jelas bagi
kita bahwa kemuliaan manusia sangat tergantung pada apakah ia bisa
menjalankan tugas dan perannya dgn baik atau tidak bila tidak maka
kemuliaannya sebagai manusia akan jatuh ke derajat yg serendah-rendah
dan ia akan kembali kepada Allah dgn kehinaan yg sangat memalukan dan di
akhirat ia menjadi hamba Allah yg mengalami kerugiaan yg tidak
terbayangkan. Oleh Drs. H. Ahmad Yani Al-Islam - Pusat Informasi dan Komunikasi Islam Indonesia
http://blog.re.or.id/tugas-dan-peran-manusia.htm
http://blog.re.or.id/tugas-dan-peran-manusia.htm
kaspresky update 7 (CUMUL)
UPDATE "CUMUL" TINGGAL PILIH SELERA (kaspersky 7)
- TURN ON KOMPUTER (RESTART)
- TEKAN F8
- SAFE MODE
- SETELAH MUNCUL LAYAR TEKAN OK JA)
- lembar safe mode
- EKSTRAK CUMUL
- HILANGKAN 2 FILE BLACK LIST
- COPY EKSTRAK CUMUL KE- BASE PADA MASTER KASPERSKY
- RESTART
SELAMAT MENCOBA
Langganan:
Postingan (Atom)
Cari Blog Ini
Mengenai Saya
- muhtar wahid
- Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
- sederhana, sopan,ingin berbakti pada orang tua dan berguna bagi nusa bangsa.